TEMA : DINAMIKA EKONOMI DAN KEUANGAN
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik menganalisis dan merumuskan solusi terkait ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan (ATHG) yang dihadapi Indonesia
Uraian Materi :
Globalisasi dan pengaruhnya dalam pembentukan identitas Pancasila di era globalisasi
Timeline kegiatan belajar tematik mapel Pendidikan Pancasila Kelas 11
Pertemuan ke 1 :
Pemahaman materi dan pembentukan kelompok
1. Siswa duduk sesuai dengan kelompoknya masing masing
2. Guru memberikan stimulus mengenai tujuan pembelajaran dipertemuan ini
3. Siswa diberikan pemahaman materi terkait Ancaman, Tantangan, Hambatan dan Gangguan
4. Masing masing kelompok berdiskusi dan membuat laporan mengenai temuan terkait Ancaman, Tantangan, Hambatan dan Gangguan ke dalam bentuk powerpoint
Note : tulis nama kelompokmu yang hadir pada pertemuan ini, yang tidak hadir tidak perlu dicantumkan namanya
5. Masing masing kelompok mengupload hasil diskusi minggu ini ke dalam drive yang sudah disediakan
Ancaman, Tantangan, Hambatan, dan Gangguan Terhadap NKRI
1. Ancaman
Ancaman adalah setiap usaha dan kegiatan dalam negeri maupun luar negeri yang di nilai membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah negara, dan ancaman keselamatan bangsa.
Terdapat dua jenis ancaman yaitu.
a. Ancaman Militer. Ancaman tersebut menggunakan kekuatan bersenjata dan dinilai membahayakan Negara.
b. Ancaman Non Militer. Ancaman jenis ini menggunakan tidak menggunakan senjata untuk kepentingannya.
2. Tantangan
Selanjutnya adalah tantangan, ini merupakan suatu hal dan usaha yang bertujuan menggugah kemampuan seseorang. Warga Indonesia yang mengenal ATHG akan menemukan tantangan itu lagi. Secara keseluruhan, ketahanan nasional adalah hal yang sangat penting bagi keberlangsungan suatu negara.
3. Hambatan
Hambatan dapat diartikan tentang usaha sikap yang berasal dari diri sendiri yang bersifat untuk bertujuan menghalangi sesuatu. Dengan menghambat semuanya, hal ini cukup menjamin identitas, integritas, serta kelangsungan hidup bangsa dan negara dalam mencapai tujuan nasional.
4. Gangguan
Gangguan berarti suatu peristiwa yang menimbulkan ketidak-lancaran fungsi normal suatu proses. Kondisi dinamik sebuah bangsa Indonesia yang meliputi segenap aspek kehidupan nasionalnya.
PERTEMUAN MINGGU Ke 2 (Penilaian Kinerja Kelompok)
PERTEMUAN MINGGU Ke 3
Setelah mempelajari materi bab ini, kalian diharapkan mampu:
1. mengidentiikasi pentingnya menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI);
2. mengidentiikasi permasalahan terkait ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan terhadap ideologi Pancasila dan NKRI;
3. mengidentiikasi peran serta warga negara dalam menjaga keutuhan ideologi Pancasila dan NKRI; dan
4. menganalisis bentuk negara, bentuk pemerintahan, dan sistem pemerintahan Indonesia.
PERTEMUAN MINGGU Ke 4 (Penilaian Kinerja Kelompok)
PERTEMUAN MINGGU Ke 5
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu menjelaskan dan menganalisis permasalahan yang sebenarnya, tentang sengketa batas wilayah Blok Ambalat, antara Indonesia dan Malaysia. Di harap kan pula, peserta didik dapat mensimulasikan cara-cara penyelesaian damai yang selama ini ditempuh oleh kedua negara, baik melalui MoU maupun dasar hukum internasional.
Uji Pemahaman
Untuk mengetahui sejauh mana pemahamanmu tentang unit ini, jawablah pertanyaan berikut.
a. Bagaimana sejarah munculnya sengketa batas wilayah Blok Ambalat antara Indonesia dan Malaysia
b. Bagaimana proses penyelesaian sengketa batas wilayah Blok Ambalat antara Indonesia dan Malaysia?
c. Bagaimana argumen yang dibangun oleh Malaysia dalam melakukan klaim terhadap kepemilikan Blok Ambalat?
d. Bagaimana sikap Indonesia dalam menghadapi sengketa batas wilayah Blok Ambalat dengan Malaysia?
e. Bagaimana argumen yang dibangun oleh Indonesia dalam melakukan klaim terhadap kepemilikan Blok Ambalat
LINK PENGUMPULAN TUGAS (MINGGU KE 5)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar