BAB 2 : UNDANG-UNDANG DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 1945
MATERI : Hubungan Antar regulasi
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
·
Peserta didik dapat menjelaskan dan
menganalisis tentang hierarki regulasi perundang-undangan, mulai dari UUD NRI
Tahun 1945 .
·
Selain itu, peserta didik diharapkan pula
mampu menganalisis beberapa kasus yang menunjukkan ketidakserasian, tumpang
tindih, dan kontradiksi antar peraturan perundang-undangan, sekaligus contoh
kasus aturan yang benar, serasi, dan tidak tumpang tindih.
B. PERTANYAAN
PEMANTIK
1. Sebutkan peraturan perundang-undangan di Indonesia.
2. Apakah UUD 1945 dengan Konstitusi berbeda?
- Guru menjelaskan tentang hierarki perundang-undangan di Indonesia.
- Guru membagi peserta didik ke dalam beberapa kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5 peserta didik.
- Masing-masing peserta didik memilih salah satu pasal dalam UUD NRI Tahun 1945, kemudian mencari regulasi turunannya.
- Guru meminta masing-masing kelompok untuk membuat poster yang berisi satu pasal dalam UUD NRI Tahun 1945 dengan aplikasi canva serta diberi keterangan tentang apakah regulasi turunannya sesuai dengan cita-cita dan semangat dari pasal dalam UUD NRI Tahun 1945 yang dipilih tersebut.
- Guru melakukan observasi terhadap kegiatan kelompok tersebut, menjawab pertanyaan yang memungkinkan diajukan, dan memastikan bahwa setiap peserta didik dalam kelompok berkontribusi.
- Guru meminta kepada perwakilan kelompk untuk mempresentasikan hasil posternya kepada teman kelompok lainnya
Uji Pemahaman
Di akhir unit ini, untuk menguji pemahaman peserta
didik, maka asesmen diberikan kepada peserta didik sebagai berikut:
a. Apakah yang dibahas dalam
Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 29?
b. Bagaimana pendapat kalian jika
ada satu peraturan yang bertentangan dengan kehidupan kita dimasyarakat?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar